Search

Bagaimana Agar Menjadi Lebih “Street Smart”



Kecerdasan jalanan atau yang dalam bahasa inggrisnya sering disebut street smart, yang berarti kepanjangan akal, kecerdasan, kelihaian, dan kelicinan dalam berfikir yang dibutuhkan untuk bertahan di lingkungan perkotaan (baik itu untuk manajemen orang, manajemen proyek, atau manajemen bisnis), didapatkan dari pengalaman. (Di sisi lain, karena “book smart” berasal dari pengalaman yang mahir dengan buku.)

Jika Anda ingin memiliki kecerdasan jalanan, cara terbaik untuk keluar dari sana, masuk ke dalam hal-hal yang mendasar, dan belajar bagaimana menangani situasi dengan berada di dalamnya.
Saya ingat proyek kelompok pertama saya di sekolah. Saya bahkan tidak tahu apa yang sedang terjadi dan hanya bereaksi terhadap apa yang diperintahkan ke saya.
Proyek saya selanjutnya di universitas, yang lebih intensif, membuat saya lebih berpengalaman dengan bekerja dengan orang-orang dan menangani tenggat waktu.
Kemudian, saya bekerja di P&G, di mana saya mengelola bisnis dan inisiatif jutaan dolar dari sepuluh sampai ratusan juta dolar. Saya akan memimpin setidaknya tiga inisiatif pada satu titik, kadang lima, dan saya harus berurusan dengan sekitar 30, jika tidak 40, orang yang berbeda setiap minggu. Ini adalah situasi stres tinggi yang ekstrem dimana akan berhadapan dengan tenggat waktu setiap minggunya dan keputusan yang salah dapat menyebabkan konsekuensi serius.
Awalnya, sulit sekali mengetahui apa yang harus dilakukan. Begitu banyak orang yang bisa diajak bicara, begitu banyak hal yang harus dilakukan, dan begitu banyak keputusan yang harus dibuat. Dengan setiap orang, akan ada nuansa perilaku yang harus diperhatikan. Itu bukan sesuatu yang bisa disiapkan di sekolah untuk siapa pun. Itu adalah situasi yang intens yang hanya bisa diraih dengan direndam di dalamnya.

Dan itulah yang terjadi. Sementara dua minggu pertama di pekerjaan itu, saya bekerja dengan sangat keras dan menjadi lebih baik dalam menghadapi variabel. Dengan setiap situasi yang saya bungkam, saya akan memecahnya, menganalisis variabel, mengidentifikasi apa yang harus dilakukan dan apa yang harus saya lakukan, kemudian menyelesaikan sesuatu. Jika ada sesuatu yang tidak sesuai rencana, saya akan kembali mengerti apa yang salah dan apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik. Ini membantu saya untuk belajar lebih cepat daripada jika saya tidak melakukannya.
Pemaparan konstan terhadap berbagai situasi intens membuat saya terbiasa dengan mereka. Saya mengembangkan kecerdasan sosial yang lebih kuat, di mana saya tahu apa yang harus dilakukan, apa yang harus dikatakan, bagaimana mengatakan / melakukan sesuatu, dan kapan tepatnya untuk berbicara / bertindak untuk mendapatkan hasil terbaik. Itu adalah sesuatu yang berasal dari pengalaman mentah dan secara aktif mensintesis pelajaran dari pengalaman saya.
Berikut adalah panduan sederhana untuk melatih diri Anda:
1.      Jangan mundur dari situasi stres atau tidak nyaman. Jika ada, biasakan diri Anda dalam sebanyak mungkin situasi ini. Ini adalah katalis pertumbuhan Anda. Semakin Anda menghadapinya, semakin baik Anda menjadi. Baca: Bagaimana Keluar dari Zona Nyaman Anda
2.      Pelajari tentang temperamen dan kepribadian orang. Bila Anda tahu bagaimana orang berpikir dan merasakan, Anda tentu akan tahu apa yang harus dilakukan dan cara terbaik bekerja dengan mereka. Interaksi teratur dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang tersebut akan membantu. Baca: 10 Aturan Percakapan yang Hebat
3.      Dapatkan perspektif yang berbeda. Memiliki akses ke pemikiran orang lain akan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang bagaimana orang berpikir dan apa yang terjadi di luar sana. Jangan hanya menjaga diri; Mintalah nasihat dan pendapat orang. Tingkatkan poin referensi Anda dengan memanfaatkan pengetahuan orang.
4.      Dengan setiap situasi yang Anda hadapi, saringlah setiap pengalaman untuk diaplikasikan. Tanyakan pada diri Anda: (a) Mengapa hal ini terjadi? (Jika itu adalah pengalaman yang tidak menguntungkan.) (b) Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah hal ini / memperbaikinya? (c) Apa yang bisa saya pelajari dari ini? (d) Bagaimana saya bisa melakukan hal-hal yang lebih baik pada kesempatan berikutnya? Kemudian, terapkan pelajaran ini di situasi selanjutnya.
5.      Kembangkan sikap "Ah Q" (yaitu sikap di mana Anda menolak untuk mundur tanpa mempedulikan apa yang salah). Baca: 10 Tip Mengatasi Kemunduran Harian
6.      Fokus pada melakukan, melakukan, dan melakukan lebih banyak. Setiap pengalaman lapangan akan membuat Anda lebih cerdas secara sosial. Jadikan "melakukan" modus operandi anda. Tidak apa-apa untuk mendapatkan pengetahuan sosial melalui buku, tapi ingat bahwa dari situasi inilah Anda akan mengembangkan intuisi dan kecerdasan sosial Anda.

Referensi :
https://personalexcellence.co/blog/street-smart/ (diakses tanggal 12 Januari 2018)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Agar Menjadi Lebih “Street Smart”"

Posting Komentar